Minggu, 24 Agustus 2008

RUPIAH!!! maju terussss!!!

JAKARTA, JUMAT — Rupiah, Jumat (22/8) pagi, menguat menembus angka Rp 9.150 per dollar AS karena minat beli rupiah oleh pelaku pasar masih berlanjut. Garuda berada di posisi Rp 9.144 per dollar AS.
Direktur Retail Banking PT Bank Mega Tbk Kostaman Thayib di Jakarta mengatakan, kondisi dalam negeri yang stabil merupakan faktor utama yang mendorong pelaku pasar terus membeli rupiah. "Selain itu didukung oleh melemahnya dollar AS akibat kekhawatiran atas melemahnya indikator-indikator data ekonomi AS yang mengakibatkan prospek pertumbuhan ekonomi AS menjadi lebih negatif," katanya.
Euro diperdagangkan pada 1,4898 dollar AS pada 21.00 GMT, naik tajam dari 1,4745 dollar, terhadap mata uang Jepang, greenback menyusut menjadi 108,46 yen dari 109,88 yen. "Dollar telah telah dirusak oleh kekhawatiran baru tentang kesehatan sistem keuangan AS," ujarnya.
Menurut dia, apabila kondisi Amerika Serikat masih berlanjut seperti ini, maka peluang rupiah untuk terus menguat hingga mendekati angka Rp 9.000 per dollar AS bisa terjadi. "Karena kenaikan rupiah sebelumnya akibat aksi konsolidasi para pelaku pasar dan tidak ada faktor lainnya yang mendukung," katanya.
Rupiah yang terus menguat hingga di bawah Rp 9.150 per dollar AS menunjukkan investor asing percaya bahwa pertumbuhan ekonomi di dalam negeri tetap tumbuh meski ada gejolak ekonomi global yang sedikit banyak memengaruhinya. "Karena itu, pemerintah diperkirakan akan meningkatkan produksi komoditas yang sangat memberikan keuntungan lebih besar," katanya
Selain itu, lanjut dia, pelaku asing juga masih aktif menempatkan dananya di pasar domestik karena masih memberikan gain yang cukup besar akibat selisih bunga rupiah terhadap dollar AS masih tetap tinggi, mencapai 7 persen (9 persen-2 persen). "Kami optimistis rupiah pada sore nanti diperkirakan masih akan menguat karena minat beli pelaku pasar masih tetap tinggi," ucapnya.

walopun masih lemah stidaknya kita trus berkembang! satu langkah menuju kemajuan!
I LOVE YOU, RUPIAH!!!

Tidak ada komentar: